Monday, April 26, 2010

Renungan Malam

Last night, ntah sudah keberapa kalinya, gw tertidur tanpa persiapan. Persiapan, maksudnya, solat isya dulu, ganti baju buluk dulu, pipis, tutup jendela dulu, matiin lampu, matiin TV, baru mencoba melupakan dunia. Nah tanpa persiapan, berarti bermula dari ngaso2 di kasur, tau2 ilang kesadaran. Katanya sih, lebih sehat tidur yg pake persiapan dulu. Lebih nyenyak ceunah. Anyway, sudah beberapa hari belakangan ini, tidur gw tanpa terencana. Tau2 dah ilang aja ke alam laen. Akibatnya yg paling sering, terbangun tengah malam! Ntah karena volume tv yg tiba2 jadi kenceng (remotenya ga sengaja kegencet), atau mata berasa silau karena lampu kamar masih nyala. Tentu dibarengi dengan kepala yg sontak pusing T_T

Semalam, kejadian seperti itu lagi. Untungnya dari kebangun tengah malam kaya gini, ga jadi bablas solat Isya. Habis solat, dah susah mau tidur lagi. Malem yg sepi dan sunyi emang paling enak buat ngerenung. Gw jadi inget, kalo dah lama bgt ga pernah ngerenung ttg sesuatu, misal contoh paling gampang, ngerenung ttg hidup gw. So, jendela kamar gw buka, karena Jakarta lagi panas2nya (masa malem2 keringetan), dan dimulailah perenungan malam :D

Beberapa hari belakangan gw ngerasa hampa. Lebay sih kata2nya. Tapi memang begitu. Ntah kenapa, kaya ga punya semangat hidup. Siang di kantor, malam di rumah, dah kaya robot aja. Masalahnya mungkin adalah teman. Gw orang yg sosial, gw butuh bersosialisasi. Tapi sayangnya semenjak gw pindah ke Jakarta, gw ngerasa kehidupan sosial gw hilang. Gw ngga punya teman. Literally, ada beberapa temen kuliah dulu yg jg k Jakarta. Tapi namanya orang bekerja, semua jg sibuk dgn urusan masing2. Jadi intensitasnya memang tidak bisa sama seperti dulu. Dan ini Jakarta man, kota yg sangat besar. Butuh energi yg cukup besar hanya utk bertemu melepas kangen dgn teman2.

Dan gw ngerasa, gw dah membuang banyak waktu terutama 3 tahun belakangan ini, semenjak gw pindah ke Jakarta. Terlalu banyak waktu yg gw sia2kan, dgn hanya bengong nonton tipi, browsing sana sini, dll. Bukan kegiatan yg produktif dan bermanfaat. Memang tidak banyak waktu yg gw punya sih, paling yah cuman habis pulang kantor ama weekend 2 hari. Untungnya 2 tahun belakangan gw ambil S2, jadi masih cukup manfaat jg waktu gw (dihabisin buat bikin tugas kuliah :D). Nah belakangan karena dah tinggal nyusun tesis, kuliah dah sepi. Balik lagi deh ke masa waktu tersia2kan. Got much time, but nothing to do. Or I must re-phrase, not "nothing to do" but "too lazy to do something". Yup, pada akhirnya malam itu gw sadar (kembali), kalo masalah sebenernya hanyalah "kemalasan". Kenapa "sadar kembali"? Karena ini masalah klasik, yg sudah gw sadari semenjak dulu. Beberapa teman yg baik jg berkata demikian, "lo berpotensi Dang, sayang lo malas" ^^;

So there I go again, gw bikin list (lagi) ttg hal2 yg harus dan akan gw lakukan ke depannya. Ya tidak terlalu jauh ke depan sih, at least for few months ahead. Isinya ga perlu gw post disini lah ya, malu2in aja. You guys will laugh at me :D. Mudah2an gw bisa istiqomah dan belajar utk bisa lepas dari jeratan rasa malas.

PS : satu hal lagi yg gw temuin, kayanya bila dalam satu hari gw ngerasa hidup hampa, biasanya itu karena gw skip solat subuh paginya. O la la... Forgive me God..

(picture from here)

1 comment:

Nina said...

SEMANGAAAT..!!!

Kemalasan itu memang virus yang harus diberantas mas..apalagi sampe bikin bablas sholat subuh..hihihih..

Post a Comment